HMS Universitas Jember

November 15, 2007

Civil SoftSkill+

Filed under: Latest News — hmsunej @ 7:50 pm

Kata ”pendidikan” yang selama ini kita dengar, selalu dipakai dalam dua arti, yaitu pendidikan (education, opvoeding) dan pengajaran (teaching, onderwijs). Pendidikan sendiri selalu dikaitkan dengan pembinaan generasi muda dan mempersiapkannya menjadi penerus bangsa. Benarkah memang demikian tujuan pendidikan? Menurut J. Drost, SJ, tujuan pendidikan dan pengajaran adalah membantu seseorang menjadi dewasa dan mandiri dalam kehidupan bermasyarakat. Seseorang mencapai kematangan, baik intelektual maupun emosional, untuk dapat menempuh pola belajar tersier yaitu akademi atau profesional. Teras dari kematangan itu adalah kemampuan bernalar dan bertutur yang telah terbentuk, mampu secara bebas menyampaikan pendapatnya dengan kritis, mampu menilai kesimpulan-kesimpulan tanpa terbawa arus perasaan, menjadi orang yang berkomitmen, berani melibatkan diri, mempunyai rasa memiliki, menjadi manusia bebas; bebas memilih belajar, bebas memilih karier, bebas memilih cara hidup, bebas memilih teman hidup, hingga bebas lepas dari bimbingan orang tua.

 

Secara alami manusia akan mengalami bertambahnya usia, yang juga berdampak pada fase pendidikan dan pengajaran yang dialami. Fase pendidikan tinggi ditempuh di perguruan tinggi dengan sistem yang berbeda dari fase-fase pendidikan sebelumnya. Hal ini disebabkan oleh fase pendidikan tinggi diarahkan pada akademi atau profesional. Manusia dibentuk pada kematangan dan pola pikir yang terarah, cara belajarnya pun lebih diutamakan pada sikap kemandirian, kerja keras, kesadaran, dan berusaha memberikan sesuatu yang terbaik.

 

Mahasiswa sebagai elemen utama dalam sistem pedidikan tinggi, dibentuk menjadi seorang yang matang dalam berpikir, berperilaku, dan dapat membawa masyarakat ke arah yang lebih baik. Dalam hal ini, posisi mahasiswa dituntut untuk mengabdi pada masyarakat. Sederet harapan tersebut menjadikan mahasiswa untuk dapat berperan aktif dalam bermasyarakat dan bernegara, serta sebagai pembawa perubahan ke arah yang lebih baik. Sosok mahasiswa ideal tersebut yang harus ada pada setiap diri mahasiswa, tak terkecuali bagi mahasiswa yang saat ini mempelajari ilmu teknik sipil di Universitas Jember. Di masa datang, mahasiswa yang saat ini sedang belajar ilmu teknik sipil akan menjadi penentu arah kebijakan yang berkaitan dengan pembangunan segala infrastuktur di negeri ini. Tentunya infrastukur tersebut menyangkut hajat hidup rakyat.

 

Pencapaian ke arah tersebut harus didukung oleh proses belajar yang berkualitas dan pengetahuan teknologi yang maksimal. Usaha tersebut dapat diawali dengan membangun iklim akademik yang kondusif yang dapat menimbulkan rasa nyaman bagi mahasiswa dalam menempuh perkuliahan, sehingga memunculkan rangsangan dan semangat dari mahasiswa untuk terus belajar dan memahami segala sesuatu. Dimulai dari semangat belajar dan keinginan menciptakan iklim akademik yang lebih baik, Himpunan Mahasiswa Sipil Universitas Jember berusaha melahirkan sebuah karya yang dimaksudkan sebagai usaha peningkatan kualitas mahasiswa, dimulai dari lingkup terkecil keilmuan, yaitu penguasaan aplikasi komputer terapan bidang ilmu teknik sipil. Diharapkan hasil dari kegiatan ini akan melahirkan lebih banyak lagi mahasiswa yang mempunyai kemampuan khusus di bidang aplikasi komputer terapan dan yang utama adalah terciptanya iklim akademik yang positif, sehingga proses ke arah pencarian ”jati diri” sebagai mahasiswa ideal dapat tercapai. Jati diri menjadi satu modal utama untuk menjadi mahasiswa yang dewasa dalam bersikap, matang dalam intelektual maupun emosional, dan kritis dalam berpikir.

Nama kegiatan ini adalah CIVIL SOFTSKILL +”. Civil artinya ilmu teknik sipil, Softskill artinya kemampuan seseorang yang menyangkut kualitas mental dan arah kompetensi, dan + artinya menuju arah peningkatan. Jadi, CIVIL SOFTSKILL +” mempunyai makna usaha peningkatan kualitas mahasiswa dalam pembangunan mental dan kemampuan sesuai kompetensinya melalui penguasaan aplikasi komputer terapan bidang ilmu teknik sipil. 

 

 

 

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: