HMS Universitas Jember

November 15, 2007

Kompetisi Jembatan Indonesia III, 2007

Filed under: Latest News — hmsunej @ 8:36 pm

Jembatan adalah suatu konstruksi yang digunakan untuk meneruskan jalan melalui suatu rintangan yang berada lebih rendah. Rintangan dapat berupa jalan lain (jalan air atau jalan lalulintas biasa (viaduct)).

Jembatan dapat digolongkan menjadi :

  • jembatan tetap : jembatan kayu, jembatan baja, jembatan beton bertulang, dan jembatan batu,
  • jembatan dapat digerakkan : jembatan angkat, jembatan baskul, jembatan gojah, dan jembatan lipat strauss.

    Masih banyak ragam jembatan jika harus disebut satu persatu. Tingkat kesadaran akan kemampuan dengan kecepatan teknologi sangat dibutuhkan, yang menuntut tidak hanya tahu tapi bisa.

    Jembatan mempunyai arti penting bagi setiap orang. Akan tetapi tingkat kepentingannya tidak sama bagi tiap orang, sehingga akan menjadi suatu bahan studi yang menarik.

    Sebuah dilema di dunia pendidikan jika anak didik hanya tahu teori. Selama ini yang didapat dari teori jembatan adalah mahasiswa dapat mendifinisikan jembatan, menyebutkan macam jembatan, dan merencanakan jembatan. Praktek tidak ada bahkan membayangkan konstruksi jembatan dengan segala komponennya tidak mampu. Padahal tuntutan dunia kerja dan saingan menuntut untuk bisa merencanakan dan melaksanakan. Tuntutan itu bisa terlaksana melalui kerjasama degan pendidikan tinggi yang menetapkan salah satu pilarnya adalah kompetensi berdaya saing nasional bahkan internasional. Tingkat kompetensi dan daya saing dapat tercapai melalui proses pendidikan yang berkualitas dan relevan sehingga dapat menghasilkan lulusan yang berpotensi, tentunya semua itu harus ditunjang dengan atmosfer akademik yang mendukung dari berbagai segi agar mampu berkiprah lebih luas.

    Pada saat yang penting untuk membangun jembatan, akan muncul pertanyaan : jenis jembatan apa yang tepat untuk dibangun? Dari catatan desain, ada banyak kemungkinan. Sehingga kreatifitas dan kemampuan perencanaan memainkan peranan besar dalam menjawab pertanyaan. Melalui lomba antar perguruan tinggi Kompetisi Jembatan Indonesia yang diselenggarakan oleh Politeknik Negeri Jakarta dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi ini diharapkan akan mampu meningkatkan kreatifitas dan inovasi dosen dan mahasiswa di bidang jembatan dan dapat menerapkan saat pembangunannya, karena itu dibutuhkan juga pengelolaan manajemen yang tepat sehingga waktu dan alokasi dana dapat dioptimalisasikan.

    Tinggalkan sebuah Komentar »

    Belum ada komentar.

    RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

    %d blogger menyukai ini: