HMS Universitas Jember

Civil SoftSkill+

CIVIL SOFTSKILL + mempunyai beberapa tujuan sebagai berikut.

  1. Membangun iklim akademik yang positif di lingkungan mahasiswa Teknik Sipil Universitas Jember yang dimulai dari keinginan dan usaha dari mahasiswa.
  2. Meningkatkan kemampuan dan kualitas mahasiswa dalam penguasaan aplikasi komputer terapan bidang ilmu teknik sipil.
  3. Menjaring potensi mahasiswa yang memiliki kemampuan lebih dalam mengoperasikan komputer dan nantinya perlu program pengelolaan khusus untuk mewadahi mahasiswa yang berkemampuan lebih di bidang aplikasi komputer terapan.
  4. Menyiapkan lulusan Teknik Sipil Universitas Jember yang lebih berkualitas dalam penguasaan teknologi, khususnya dalam penguasaan aplikasi komputer terapan bidang ilmu teknik sipil.
  5. Menjadi wadah bagi mahasiswa untuk lebih mendalami ilmu teknik sipil sebagai penunjang materi kuliah di luar jam perkuliahan.

CIVIL SOFTSKILL + berbentuk pelatihan apilkasi komputer terapan yang banyak digunakan dalam ilmu ketekniksipilan. Aplikasi tersebut diterapkan pada berbagai cabang ilmu teknik sipil, seperti struktur, hidrolika, ilmu tanah, maupun informasi geografi. Pelatihan aplikasi yang disajikan adalah sebagai berikut.

1.      Aplikasi Desain Gambar

“Aplikasi Desain Gambar” digunakan untuk membuat desain gambar teknik yang membutuhkan tingkat ketelitian yang tinggi. Umumnya digunakan untuk merancang desain gambar kerja sehingga desain yang dibuat oleh perencana dapat dilaksanakan sesuai dengan yang ditetapkan oleh pelaksana di lapangan. Pelatihan ”Aplikasi Desain Gambar” diatur dalam dua program, yaitu :

a.      Desain Gambar 2D

Pengenalan “Aplikasi Desain Gambar” yang berupa dasar-dasar operasi dan menggunakan tool-tool yang tersedia di dalamnya. Materi yang disajikan adalah menggambar bangunan beserta komponennya dalam desain dua dimensi. Targetnya adalah peserta dapat membuat desain dua dimensi gambar kerja bangunan satu lantai hingga dua lantai atau lebih yang dalam pembuatannya menggunakan logika ilmu teknik sipil.

b.      Desain Gambar 3D

Program ini merupakan lanjutan dari “Aplikasi Desain Gambar 2D”. Materi yang disajikan adalah desain tiga dimensi dan rendering. Targetnya adalah peserta dapat membuat desain tiga dimensi dari gambar kerja yang telah dibuat pada “Aplikasi Desain Gambar 2D” beserta perspektifnya.

2.      Aplikasi Struktur

“Aplikasi Struktur” merupakan aplikasi yang digunakan dalam perancangan dan perhitungan struktur bangunan atau rangka apapun yang terbuat dari material baja dan beton. Hasil yang diharapkan peserta dapat mengenal dan menjalankan “Aplikasi Struktur”, memahami dasar untuk menentukan dan membuat model struktur rangka 2D dan 3D, serta memahami logika perhitungan struktur.

3.      Aplikasi Hidrolika

“Aplikasi Hidrolika” merupakan aplikasi komputer terapan untuk membantu mahasiswa dalam menyelesaikan permasalahan hidrolika yang lebih kompleks, perhitungan secara manual dirasa sangat menyulitkan dan penyelesaiannya membutuhkan waktu cukup lama. Materi yang disajikan adalah skema jaringan sungai dan data geometri, parameter aliran (steady flow) dan menjalankannya dengan model output ditampilkan berupa grafik dan tabulasi. Hasil yang diharapkan adalah peserta dapat menerapkan “Aplikasi Hidrolika” sebagai alat bantu dalam menyelesaikan permasalahan hidrolika aliran tetap dan memahami simulasi karakteristik aliran dengan perhitungan analisis hidrolika dan contoh struktur bangunan air.

4.      Aplikasi Tanah

“Aplikasi Tanah” merupakan aplikasi komputer di bidang geoteknik yang digunakan untuk mencari solusi analisis permasalahan pada penurunan struktur tanah (salah satunya). Materi yang disajikan adalah penyelesaian permasalahan geoteknis menggunakan formula matematika yang diaplikasikan pada suatu area tertentu. Hasil yang diharapkan adalah peserta dapat mengerti logika penyelesaian permasalahan geoteknis, logika input data dan outputnya, dan memahami formula matematika yang diselesaikan dengan “Aplikasi Tanah”.

5.      Aplikasi Sistem Informasi Geografi (SIG)

“Aplikasi Sistem Informasi Geografis (SIG)” atau yang lebih dikenal dengan Geographic Information System (GIS) merupakan aplikasi yang saat ini banyak dibutuhkan oleh berbagai bidang ilmu. Kemampuan SIG digunakan untuk menganalisis informasi-informasi geografi dalam memahami fenomena ruang yang terjadi dan menjadi acuan untuk pengambilan keputusan pada suatu perencanaan. Dalam ilmu teknik sipil, SIG sangat dibutuhkan dalam hal pemetaan dan penginderaan jauh (remote sensing). Materi yang disajikan adalah pengenalan SIG hingga peserta dapat menjalankan software aplikasi SIG yang nantinya digunakan, seperti ArcInfo, ArcView, ArcGIS, Mapinfo Professional, atau Autodesk Map. Hasil yang diharapkan adalah peserta dapat mengenal dan memahami dasar-dasar SIG serta menerapkannya pada berbagai pekerjaan yang berkaitan dengan ilmu teknik sipil. Pola manajemen pelatihan SIG nantinya akan dibedakan dengan pelatihan aplikasi yang lain, karena pemberi materi adalah ahli yang benar-benar paham mengenai SIG dan didatangkan dari luar.

    “CIVIL SOFTSKILL +” dilaksanakan pada bulan Maret 2007 di Laboratorium Komputer Jurusan Teknik Sipil Universitas Jember. Setiap program yang dibuka, penyajiannya dilaksanakan dalam beberapa pertemuan sesuai dengan kualitas materi yang akan disampaikan. Setiap pertemuan diestimasikan selama 120 menit.

Sasaran kegiatan CIVIL SOFTSKILL +” adalah mahasiswa Teknik Sipil Universitas Jember seluruh angkatan baik program studi S-1 dan D-3 yang berjumlah + 500 mahasiswa dan umum (konsultan perencana, praktisi, dll). Penjaringan peserta dilakukan pada fase pendaftaran yang dilakukan setelah fase publikasi.

  Jumlah peserta dapat dihitung dari jumlah kelas. Jumlah kelas yang dibuka adalah delapan kelas, yang terdiri dari dua kelas “Aplikasi Desain Gambar”, dua kelas “Aplikasi Struktur”, satu kelas “Aplikasi Hidolika”, satu kelas “Aplikasi Tanah”, dan dua kelas “Aplikasi Sistem Informasi Geografi” yang terdiri dari satu kelas untuk mahasiswa dan satu kelas untuk umum. Masing-masing kelas diikuti oleh 14 peserta, sehingga peserta yang dilibatkan sejumlah 98 mahasiswa dan 14 orang dari unsur umum.

 

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: